Salurkan Waqaf, Infaq dan Shadaqah/Sumbangan Anda untuk PEMBANGUNAN MASJID AD DA'WAH Jl.KH.Sirodj Salman RT.27 Samarinda melalui: BANK SYARIAH MANDIRI Rek. 7036237362

Senin, 29 Maret 2010

Pengajian PCM Tenggarong Seberang (28-3-2010)



Pengajian PC Muhammadiyah Tenggarong Seberang (28-3-2010) disampaikan oleh Bpk. H.M. Haiban yang ringkasannya sebagai berikut:
Setiap orang diberi akal oleh Allah SWT. Yakni perpaduan antara fikir dan qalbu sebagai alat pertimbangan untuk menentukan antara yang benar denngan yang salah, dan alat untuk menimbang antara yang baik dengan yang buruk. Di samping itu manusia juga diberi nafsu dan hawa sebagai sebuah kekuatan semangat untuk membela harga diri. Siapa yang memiliki akal sehat dan mampu memadukan akal dan nafsu secara konstruktif, ia akan menjadi orang baik dan kritis, memiliki mental model sehingga ia terhindar dari kesalahan persepsi yang pada akhirnya membawa keselamatan diri bahkan orang lain. Apabila akal telah dikalahkan oleh hawanya (tidak sehat), pasti pikirannya akan krisis dan kelakuannya destruktif sehingga menjadi orang yang buruk akhlaknya, cepat atau lambat akan ditinggalkan orang. Allah SWT mencela orang yang tidak menggunakan akal sehat dan hanya mengikuti hawa nafsunya.

Tidak ada komentar: