Salurkan Waqaf, Infaq dan Shadaqah/Sumbangan Anda untuk PEMBANGUNAN MASJID AD DA'WAH Jl.KH.Sirodj Salman RT.27 Samarinda melalui: BANK SYARIAH MANDIRI Rek. 7036237362

Senin, 26 Mei 2008

Din : “ Indonesia Mitra Strategis Peradaban Dunia”

St.Petersburg-Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin menandaskan pada Konferensi Dunia Kemitraan Peradaban yang berlangsung di St.Petersburg- Russia, kamis (22/05/2008)bahwa Indonesia siap menjadi mitra strategis peradaban dunia di masa depan. Dalam pesan singkatnya kepada muhammadiyah.or.id, Din menyatakan bahwa konferensi tersebut diprakarsai oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Rusia dan Kemlu Rusia, dihadiri 200-an peserta, 60 diantaranya adalah para tokoh dan akademisi dari luar Russia.

Menurut Din Syamsuddin, Indonesia merupakan bagian dari peradaban dunia yang cukup kaya dan maju sejak beberapa abad lalu, sejak Majapahit, Sriwijaya dan Mataram. Sekarang sebagai negara bangsa yang besar dan kaya dengan sumber daya alam dan modal budaya yang relevan dengan kemajuan,

Indonesia sangat potensial untuk bangkit sebagai sub peradaban yang maju. Oleh karena itu, kata Din, peradaban-peradaban dunia lain, seperti Barat, Cina,dan Rusia dapat menjadikan Indonesia sebagai mitra strategis dalam membangun peradaban dunia baru yang maju dan beradab.

Terhadap skeptisme bahwa Indonesia masih diliputiketerpurukan, Din meyakinkan bahwa hal tersebut bersifat sementara karena belum adanya kepemimpinan yang menggerakkan, tapi modal dasar dan orientasi bangsa Indonesia untuk maju akan membawanya kepada kebangkitan baru cukup besar, terutama memasuki abad kedua kebangkitan nasional Indonesia.

Pada bagian lain pidatonya Din mengatakan pentingnya kemitraan atau aliansi antara peradaban, karena benturan antar peradaban hanya akan membawa malapetaka kepada dunia. Kemitraan atau aliansi, kata Din,memungkinkan sub-sub peradaban untuk berkembang namun semuanya terikat komitmen untuk bermitra atau bekerjasama. (arif nur kholis www.muhammadiyah.or.id)

Tidak ada komentar: